Mengenal Nabi Yunus Lewat Origami

Karya A. Navista. A /Dok Kelas ODIES 24 Agustus 2019

(Bandung) Maya Hirai Origami School merupakan sekolah origami pertama di Bandung dan masih berdiri sampai saat ini. Bermain Origami bertujuan untuk melatih motorik halus, dan melatih kreativitas anak.

Kelas Origami & Drawing Integreated in Storytelling atau yang disingkat ODIES ini merupakan Kelas lanjutan dari LOMBA ODIES yang diselengarakan oleh Sanggar Origami Indonesia. Maya Hirai Origami School ikut andil dalam acara tersebut yaitu sebagai salah satu sponsor yang memberikan voucher belajar di Maya Hirai Origami School.

Lomba ODIES/ Dok Sanggar Origami Indonesia

Kelas ODIES dilaksanakan 1 kali dalam satu pekan, pada hari sabtu pukul 09.00 – 16.00 bertempat di Maya Hirai Origami School, Surapati Core Blok J-10, Jln. PH.H Mustofa No. 39 Bandung.

Bu Nurul sebagai salah satu Instruktur di Maya Hirai Origami School menjelaskan bahwa pekan ini Sabtu, 24 Agustus 2019 akan belajar origami tentang kisah Nabi Yunus a.s. Bentuk origami yang dibuat adalah ikan paus, perahu, lengkap dengan ikannya. Karena ini kelas ODIES maka selain belajar membuat origami anak-anak juga diperintahkan untuk menggambar dan melengkapi kisah tersebut.

Nah seru bukan? wah ternyata dengan bermain origami kita sudah melakukan banyak kegiatan yah. Dari mulai melipat kertas, menggambar, mewarnai, dan storytelling juga.

Selain tentang Kisah Nabi Yunus para siswa juga diajarkan beberapa bentuk origami lain. Salah satunya yaitu Modular.

Apa itu Modular? Origami modular atau origami unit adalah satu teknik lipatan kertas yang menggunakan dua atau lebih helaian kertas untuk membentuk sebuah struktur yang lebih besar dan kompleks berbanding teknik origami biasa. Setiap helaian kertas dilipat menjadi sebuah modul, atau unit dan kemudian dipasang menjadi bentuk integrasi mendatar atau struktur 3-dimensi dengan memasukan hujung unit ke dalam poket yang terbentuk daripada lipatan. Sisipan ini menghasilkan tensi atau geseran yang memegang model itu bersama.

Peserta ODIES